Wisata Budaya di Jogja

Cobalah Wisata budaya di Jogja dan Anda akan memahami mengapa kota ini akan membuat anda untuk kembali lagi kesana, Jogja adalah Tempat Terbaik untuk Belajar tentang budaya Jawa di Masa Lalu

Ketika Anda mengunjungi Yogyakarta, Ibukota Daerah Istimewa di Jawa. Kota ini penuh dengan budaya kuno, seperti tarian, candi, dan museum. Itu bisa menunjukkan kepada Anda budaya kuno Jawa yang penting, yang tidak terputus selama ratusan tahun. Jika Anda seorang pencinta hal-hal budaya, sangat disarankan untuk memahami apa yang muncul Kota Yogyakarta.

Yogyakarta adalah tentang budaya. Sebagian besar wisatawan datang ke kota ini bukan hanya karena objek wisata. Beberapa tempat budaya bersejarah akan membuat Anda tahu, mengapa Kota Yogyakarta modern ada sampai hari ini. Jika Anda memiliki rencana untuk pergi ke sana, maka Anda dapat pergi ke beberapa tempat yang unik dan luar biasa seperti:

1. Candi Borobudur & Prambanan.

Saat Anda mengetik “Yogyakarta” di Google, hal pertama yang keluar adalah Candi Borobudur. Karena tempat ini adalah salah satu simbol ikon warisan dunia. Candi Borobudur menjadi candi Budha tertua karena telah dirancang jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Candi Borobudur dirancang dan dibuat tepatnya pada kurun waktu sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan dinasti keluarga Syailendra.

Dan kemudian, Anda akan menemukan candi lain yang tak kalah eksotisnya bernama Prambanan. Terletak di perbatasan provinsi Jateng dan DIY. UNESCO mendaftarkan candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia, sementara candi Prambanan mengikuti sebagai situs warisan, tetapi tidak terdaftar sebagai tujuh keajaiban dunia.

wisata budaya di jogja

Borobudur adalah candi budha terbesar di dunia dan Prambanan adalah candi Hindu. Wisatawan dapat masuk dan mempelajari lebih lanjut tentang candi ini dari kisah-kisah yang tersirat dari relief yang terlihat di dinding bangunan. Relief tersebut menceritakan hal-hal yang terjadi pada zaman lampau.

Ada momentum indah yang harus Anda saksikan dimana hanya terjadi di Candi Borobudur, yaitu pada saat matahari terbit dan terbenam. Momen menakjubkan ini datang dua kali sehari. Itu sebabnya orang pergi ke Borobudur bukan hanya sehari saja. Sebagian besar dari mereka datang ke sini saat pagi buta untuk menangkap momen indah itu. menurut kami, proses sunrise dan sunset di Borobudur, adalah sebuah keharusan untuk menikmatinya.

2. Kraton Yogyakarta

Tempat lain yang disarankan untuk dikunjungi jika Anda ingin tahu tentang kebudayaan adalah Kraton Jogja. Tempat itu dikenal secara resmi sebagai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat ini sebenarnya adalah Istana Kerajaan, tempat tinggal Sultan bersama ratu dan juga seluruh keluarganya. Kraton juga berfungsi sebagai pusat budaya, terutama budaya tradisional Jawa.

Kraton Jogja

Kraton terbuka untuk umum bagi mereka yang ingin tahu dan melihat isinya. Anda dapat melihat Patung, Mebel, Bangunan, Koleksi Kerajaan, dan artefak dari masa lalu. Orang yang bekerja di Kraton dikenal sebagai Abdi Dalem. Tidak semua orang dapat bekerja di sana, karena hanya orang-orang yang memiliki faktor spiritual dan kebaktian yang tinggi saja yang bisa diterima bekerja di Keraton.

Setelah berkeliling melihat-lihat isi dari Kraton, Anda dapat melihat beberapa situs budaya di sekitarnya, seperti: Taman Sari Water Castle, Museum Sonobudoyo, Masjid Kauman, Museum Kareta Karaton, Gereja Gothic dan Benteng Vredeburg.

3. Rumah Budaya Tembi

Ada banyak cara untuk mengetahui tentang sejarah dan budaya Jawa. Mengunjungi Rumah Budaya Tembi adalah salah satu caranya. Rumah Budaya Tembi adalah Museum yang khusus memuat beberapa dokumentasi tentangnya. Koleksinya seperti: Tombak, Keris, Gamelan, Batik, dan Peralatan Leluhur seperti Bajak, Peralatan Masak, dan Kompor. Selain benda-benda yang identik dengan budaya Jawa, Anda juga akan menemukan sejumlah benda kuno, seperti Foto, Sepeda Motor, Poster Iklan, dan Manuskrip berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Rumah Budaya Tembi tidak hanya mengajak Anda untuk mengetahui tentang hal-hal yang bersejarah saja, Tempat ini juga mengadakan acara budaya dan akademik seperti Pembacaan Puisi atau Diskusi Publik tentang kebudayaan. Pertunjukan seni dan Pameran Lukisan terkadang juga dihelatĀ  di sini. Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, seperti:

  • Menggambar Motif Batik
  • Membikin topeng kayu
  • Membuat Kotak Pensil
  • Membuat Tembikar
  • Membuat Wayang
  • Mewarnai keramik
  • Bermain Gamelan
  • Membajak Sawah.

rumah budaya tembi

Perjalanan Wisata Budaya di Jogja

Apakah Anda tertarik untuk mempelajari dan menemukan jati diri budaya yang ditawarkan Yogyakarta? Anda dapat menjalani wisata Budaya yang ditawarkan oleh banyak agen wisata seperti kami. Atau anda bisa pergi ke sana sendirian dengan gaya backpacker. Untuk mengunjungi ketiga tempat tersebut cukup membutuhkan waktu sehari saja. Biaya yang dikeluarkan juga tidak akan menguras kantong anda.

Jika anda membawa mobil pribadi, anda bisa dengan mudah menuju ketiga destinasi wisata budaya tersebut. Namun apabila anda dari luar kota, anda membutuhkan kendaraan untuk mencapai ketiganya. Tak perlu repot, hubungi kami. Kemanapun tujuan anda kami siap mengantar dari penjemputan hingga pengantaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *